Image Description

SEJARAH

Rumah Belajar Ilalang (RBI) ini berdiri sejak April 2011 dari inisiatif Muhammad Hasan, atau yang biasa disebut Kak Hasan. Berawal dari keinginan untuk membuat hari minggu menjadi hari libur produktif bagi anak sekolah, dia memutuskan untuk mendirikan Rumah Belajar Ilalang ini. Sebuah tempat yang dapat mendekatkan anak pada lingkungan dan budaya warisan nenek moyang, bukan pada sinetron televisi ataupun game online. Hasan mengawali RBI ini dengan menyediakan tempat di rumahnya. Anak-anak yang datang ke RBI sebagian besar mereka yang tinggal di sekitar Kecapi, mulai dari anak TK sampai SD kelas VI. Umumnya, mereka adalah anak2 dari keluarga yang kurang mampu. Mereka berkumpul di RBI awalnya untuk membaca bersama. Hal ini dikarenakan di daerah Kecapi memang belum tersedia perpustakaan umum. Jadi ketika Kak Hasan ini membuka RBI untuk mereka, angin segar pun menghampiri. Kegiatan di RBI ini awalnya dilakukan seminggu sekali, yaitu pada hari minggu. Seiring berkembangnya jumlah anak di RBI, kegiatan pun meningkat. Dari yang hanya membaca buku bersama di hari minggu, berkembang menjadi belajar bersama di hari apapun jika mereka mengalami kesulitan pada pelajaran di sekolah.

Kak Hasan menanamkan budaya membaca kepada anak-anak ini awalnya dengan membacakan dongeng kepada mereka. Kegiatan di hari minggu sejak pukul 09.00 WIB ini selalu diawali dengan pembacaan dongeng oleh Kak Hasan. Baru setelah itu mereka diberi kesempatan membaca buku-buku anak yang disediakan RBI. Buku-buku ini merupakan hasil sumbangan Hasan sendiri, teman-teman pengurus lain, maupun donatur-donatur dari seluruh Indonesia.

Seiring berkembangnya RBI ini, berkembang pula kakak-kakak pengurusnya. Selain kak Hasan, ada pula Kak Sofi, Kak Waluya, dan Kak Isrowiyah. Mereka merupakan pengurus aktif dalam RBI ini. Selain itu, RBI juga mengalami perkembangan pada jenis kegiatannya. Ada kegiatan belajar musik bersama, membuat keterampilan bersama, menonton film bersama, dan masih banyak lagi kegiatan positif yang mereka lakukan.

RBI memiliki agenda tahunan yang mereka beri nama Olimpiade Dolanan Anak (ODOLAN). Dalam kegiatan tersebut berbagai permainan tradisional tempo dulu diperlombakan. Seperti Dakonan, Gobak Sodor, Dam-daman, Egrang, dan lain-lain. Kegiatan yang berlangsung satu hari ini diikuti oleh ratusan anak tiap tahunnya. ODOLAN bertujuan untuk mengurangi kecenderungaan anak bermain Game digital baik on-line maupun tidak.Selain menyelenggarakan berbagai macam perlombaan dolanan, ODOLAN tetap menyediakan ruang baca bagi anak-anak.

Semangat dan antusiasme mereka untuk belajar sangat sangat tinggi. Jadi akan disayangkan jika hal itu hanya kita lihat dan tidak kita beri tindakan positif. Nah, untuk kalian yang bersedia bergabung menjadi Ranger RBI, dapat menghubungi Kak Hasan atau datang langsung ke sanggar RBI di Desa Kecapi Rt.14 Rw.02, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Kegiatan rutin mereka dilakukan setiap hari Jumat pukul 13:30 WIB dan hari Minggu pukul 09:00 WIB.